Thursday 26 March 2015

MAKALAH | Eksplorasi perluasan wilayah New Suoth Wales

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang
Daerah pemukiman di New South Wales yang hakikatnya hanya berpusat di port jackson, parramata, dan hawkesbury river, baru meliputi suatu area yang luasnya sangat tidak berarti bila di bandingkan dengan luas seluruh daratan Australia. Scot (1943) memberi perbandingan bahwa luas area  itu masih lebih kecil dari pulau corsica dibandingkan dengan seluruh eropa. Seperti apa benua Australia, baik menyangkut luas atau bentuk dalam garis besarnya pun, mereka belum ketahui sampai lima belas tahun sesudah rombongan kolonis pertama tiba.
       Australia merupakan sebuah benua berbentuk pulau dan bukan kelompok pulau- pulau, mereka tidak mengetahui seperti apa bagian pedalaman koloni itu, karena pemandangan ke arah pedalaman itu terhalang oleh barisan pegunungan blue mountains. Akan tetapi semuanya terungkap bagi mereka setelah mereka melakukan sejumlah eksplorasi baik melalui laut maupun daratan atau eksplorasi pedalaman. Seri pelayaran yang menyempurnakan pengetahuan tentang pantai australia, berpusat pada diri Matthew Flinders.
B.     Tujuan
1. Untuk mengetahui Eksplorasi lanjutan dan perluasan wilayah koloni New South Wales.
2. Memahami bagaimana  Pelayaran Bass dan Flinders mengelilingi tasmania









BAB II
PEMBAHASAN

A.     Eksplorasi lanjutan dan perluasan wilayah koloni New South Wales
       Matthew Flinders adalah pelaut yang datang ke australia untuk pertama kalinya sebagai seorang tarunadi atas kapal reliance yang bertugas membawa gubernur hunter ke New South Walesdalam tahun 1795. Dalam pelayaran itu ia bekenalan dengan seorang dokter yang bernama Geoerge Bass. Kedua orng ini berasal dari lincolshiredan ternyata sama-sama tertarik pada eksplorasi dan penemuan. Bass membawa dari inggris sebuah kapal kecil berukuran panjang 8 kaki dan lebar 5 kaki yang di beri nama Tom Thum. Ukuran kapal itu terlalu kecil untuk melakukan eksplorasi namun karena tidsk memiliki kapal yang lebih banyak lagi, kedua sahabat itu menggunakannya melakukan eksplorasi ke laut port jackson segera setelah mereka tiba, mereka melakukan eksplorasi terhadap pantai di muara sungai George. Dan setelah itu mereka menyampaikan kepada gubernur suatu laporan tentang kebaikan daerah yang mereka temukan itu sehingga gubernur mendirikan daerah permukiman baru disana yang di beri nama Bankstown. Beberapa bulan kemudian dengan kapal Tom Thumb , Bass dan Flinder berlayar lagi ke arah selatan, ke port hacking. Kali ini mereka melakukan penjelajahan yang sangat berani yang menuntut semua kemahiran bahari yang dapat mereka lakukan. Beberapa kali mereka hampir tenggelam, namun secara tangkas mereka dapat menyelamat kan diri.
       Kenikmati melakukan eksplorasi dari dua kali pengalaman itu merangsang selera bass dan flinders untuk sungguh-sungguh melakukan tugas-tugas penemuan yang masih tertinggal. Ketekunan yang mereka perlihatkan dalam melakukan eksplorasi itu mendorong gubernur hunter untuk menganjurkan mereka melakukan tugas-trugas eksplorasi lebih lanjut. Namun tugas-tuganya di kapal menyebabkan flinders terhalang menemani bass dalam dua kali ekspedisi. Pada ekspedisinya yang pertama secara sendirian itu bass menemukan batu bara di suatu tempat yang sekarang bernama coalcliff, kira-kira 20 mil di sebelah selatan botany bay. Penemuannya inilah yang pertama mengarahkanperhatian pemerintah koloni New South Wales terhadap kandungan batu bara yang merupakan salah satu sumber kemakmuran New South Wales.
       Pada ekspedisinya yang kedua dengan menggunakan kapal penangkap ikan paus bersama enam orang awak (crew) yang dipinjamkan gubernur kepadanya, bass mengitari ujung tenggara benua Australia di cape howe, memasuki selat yang kemudian disebut menurut namanya(selat bass) dan sejak pembentukan koloni New South Wales, karena dengan penemuannya itu dapat di ketahui bahwa anggapan yang mengatakan bahwa van diemens land merupakan bagian selatan New Holland ternyata salah. Dugaaan bass itu terbukti benar bass bersama flinders mengelilingi van diemens land dengan kapal norkfolkdalam bulan oktober 1798. Inilah pelayaran ekplorasi terakhir dimana  bass ikut berpartisipasi.

B.     Pelayaran Bass dan Flinders mengelilingi tasmania
Bass kemudian kembali ke inggris setelah meninggalkan dinas angkatan laut inggris. Pada tahun 1801 ia kembali lagi ke New South Wales sebagai pemilik sebahagian dari kapal dagang yang bernama venus. Kapal ini datang dengan membawa muatan yang ia harapkan mendatangkan keuntungan. Tidak ditemukan informasi tentang muatan kapal tersebut. Namun rupanya bass kecewa lalu ia membawa kapalnya pada tahun 1803 dalam suatu pelayaran di pantai amerika selatan. Secara misterius, sejak saat itu bass tidak pernah kembali lagi. Namanya di abadikan pada nama selat yang di temukannya, selat antara daratan australia dengan van diemens land yang kemudian bernama tasmania. Dalam tulisan flinders ia mengatakan bahwa pelayaran bass layak mendapat tempat terhormat  dalam daftar orang-orang bersemangat untuk peningkatan pengetahuan yang berguna (scott, 1943).

     Pada mulanya eksplorasi bass dan fliders mereka lakukan atas inisiatif mereka sendiri, namun apa yang mereka lakukan mendapat perhatian dari pemerintah. Sejak permulaan abad ke-19 tugas menyelesaikan penemuan australia mulai dilakukan oleh pemerintah secara sistematis. Pada tahun 1800 sebuah kapal berbobot mati 60 ton bernma lady nelson, dikirimkan dibawah komando james grant. James grant di perintahkan berlayar melalui selat bass ke sydney, karena berita penemuan selat ini menarik banyak perhatian di inggris.
Pada tanggal 3 desember 1800, lady nelson mendekati titik garis batas antara viktoria dan australia selatan dan dari sana berlayar melalui selat bass menuju sydney. Inilah kapal pertama yang diketahui berlayar melalui selat bass ke arah timur. Kapal lady nelson tetap berada di New Soult Wales dan di gunakan untuk tugas-tugas eksplorasi sampai tahun 1825. Sumbangan penggunaan lady nelson yang paling berharga adalah penemuan port philip. Pada waktu itu masih ada orang yang beranggapan bahwa New South Wales di pisahkan oleh sebuah selat dengan new holland. Sehingga penemuan port phillip ini merupakan salah satu peristiwa yang membatalkan anggaran itu.
Flinders kembali ke inggris pada tahun 1800, atas pengaruh sir joseph banks angkatan laut inggris menunjuk ia untuk mengomandoi investigator dengan perintah memecahkan masalah yang masih tertinggal yang berkaitan dengan bentuk New South Wales. Flinders menilai bahwa penunjukannya itu bukan saja karena penemuan-penemuannya yang sudah begitu banyak. Akan tetapi karena ia menerbitkan peta yang sangat baik yang paling dapat di percaya hingga saat itu. Karena itu ia melakukan tugasnya dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Dengan mengikuti eksplorasi yang dilakukan flinders tersebut, pantas kirannya kalaw pelaut yang telah berbuat begitu banyak terhadap australia memberi nama benua itu. Ia menjelaskan bahwa belanda tidak mengetahui pantai timur australia sehingga nama yang di berikan oleh belanda “New Holland” tidak lah pantas diterap kan untuk bagian itu, sebaliknya nama yang diberi oleh james cook “New South Wales” tidak meliputi bagian barat. Secara geogarfis new holland dan new south wales merupakan satu daratan.
Menurut flinders nama australia adalah yang paling tepat dari kedua nama tersebut. sama james cook memberi nama new south wales. Ketika flinders hendak menerbitkan buku yang mengisahkan pelayarannya itu dengan judul A Voyage to Australia, banks mengajukan keberatannya banks mengusulkan agar buku itu di terbitkan dengan judul A Voyage to terra Australia. Walau pun nama new holland masih berlaku sementara wilayah yang di duduki inggris di sebut dengan nama new south wales. Dalam tahun 1817 gubernur macquarie secara resmi mengusulkan agar untuk masa yang akan datang nama australia sebaiknya di gunakan dengan segera. Akhirnya flinders mengakhiri karirnya sebagai penyelidik dan kemudian memutuskan untuk kembali ke inggris untuk menerbitkan peta-petanya sambil meminta kapal lain. Dengan kapal porpoise ia berangkat bermaksud mau ke inggri tetapi di tengah jalan kapalnya mengalami kecalakaan, dan kemudian di gantikan dengan sebuah kapal kecil, dengan kapalnya itu ia tetap mempertaruhkan keberanian untuk mengarungi tiga samudra dengan kapal kecil itu. Akibat cuaca yang buruk akhirnya ia terpajsa mencari perlindungan di mauritius pulau yang pada waktu itu merupakan koloni prancis.
Selama kurang lebih enam setengah tahun flinders tertahan di mauritius. Ia baru pulang ke london dalam tahun 1810 sehingga tinggal sedikit sisa hidupnya untuk menyekesaikan buku dan atlasnya.ketika terbitan pertama bukunya selesai ia sudah tidak sadar lagi dan meninggal sehari kemudian yaitu  pada tahun 1814.
Di daerah pedalaman new south wales terbentang tanah dataran luas yang rata, terhampar beratus-ratus kaki tanpa di seling oleh gunung atau bukit. Di sebelah timur barisan pegunungan ini terletak lereng berkerut, dataran sempit dimana sydney terletak. Kegagalan menembus misteri blue mountains berakhir pada tahun 1813. Dalam tahun itu, gregory blaxland, lawson, dan seorang pemuda bernama williams carles wentworth, berangkat dari dekat penrith, memotong jalan menembus belukar dan pepohonan yang lebat, mendaki dan memanjat dengan langkah yang lambat selama 15 hari menuju gunung york. Blaxland bersama saudaranya john datang ke new south wales dalam tahun 1806 sebagai imigran bebas. Mereka berharapa bahwa ladang pengembalaan yang lebih luas akan di temukan di luar batas pegunungan itu. Itulah sesungguhnya motif yang mendorong gregory blaxland bersama kedua temannya itu melakukan eksplorasi.
Jalan yang di temukan oleh blaxland dan teman-temannya itu di ikuti oleh surveyor G.A. evans yang menuruni barisan pegunungan itu serta melintas daratan itu sampai melewati bathurst. Tahun 1817-1818 john oxley menemukan sumber sungai lachlan dan sungai macquarie. Tahun- tahun antara 1820 dan 1830  merupkan tahun-tahun yang penting yang di isi oleh cerita-cerita pembukaan australia. Pada tahun 1824, hume dan hovell berangkat dari danau george menyebrang sungai murrumbudgee dan murray memasuki daerah victoria sekarang. Mereka hampir mencapai lokasi dimana geelonf sekarang terletak.
Tahun 1828 charles sturt mengikuti sungai macquarie sampai ke titik dimana sungai ini bergabung dengan sungai darling. Dalam tahun 1829 rombongan sturt mengikuti sungai murrumbidgee  sampai ke titik pertemuannya dengan sungai murray. Selanjutnya sturt menelusuri sungai murray sampai ke titik pertemuannya dengan sebuah sungai yang ia duga adalah sungai darling, lalu melanjutkannya sampai ke danau alexandrina.
Keberhasilan melakukan eksplorasi ini baik eksplorasi pantai maupun eksplorasi pedalaman membuka pintu bagi perluasan koloni tersebut. Bukan saja perluasan koloni new south wales dalam arti area pemukiman tetapi juga bagi kemungkinan berdirinya koloni-koloni lain di sudut-sudut strategis australia.


















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
 Australia merupakan sebuah benua berbentuk pulau dan bukan kelompok pulau- pulau, mereka tidak mengetahui seperti apa bagian pedalaman koloni itu, karena pemandangan ke arah pedalaman itu terhalang oleh barisan pegunungan blue mountains. Akan tetapi semuanya terungkap bagi mereka setelah mereka melakukan sejumlah eksplorasi baik melalui laut maupun daratan atau eksplorasi pedalaman. Seri pelayaran yang menyempurnakan pengetahuan tentang pantai australia, berpusat pada diri Matthew Flinders. Dalam pelayaran itu ia bekenalan dengan seorang dokter yang bernama goerge bass mereka sama-sama tertarik pada eksplorasi dan penemuan. Dan akhirnya bass dan flinders melakukan eksplorasi secara bersama-sama mereka melakukan eksplorasi tersebut dengan sungguh-sungguh. Pada ekspedisinya yang pertama bass menemukan batu bara di suatu tempat yang sekarang bernama coalclif dan menarik perhatian pemerintah koloni new south wales. Penemuan bass itu merupakan penemuan yang paling berharga sejak pembentukan koloni new south wales, karena dengan penemuannya itu dapat di ketahui bahwa anggapan yang mengatakan bahwa van diemens land merupakan bagian selatan New Holland ternyata salah. Dugaaan bass itu terbukti benar bass bersama flinders mengelilingi van diemens land dengan kapal norkfolkdalam bulan oktober 1798. Inilah pelayaran ekplorasi terakhir dimana  bass ikut berpartisipasi.







Daftar Pustaka
Siboro, J (1989). Sejarah Australia , Jakarta, IKIP Bandung.

No comments:

Post a Comment